LAYANAN INFORMASI PUBLIK DAN DOKUMENTASI (PPID) BPTP PONTIANAK


Layanan untuk memperoleh informasi publik dan dokumentasi yang dikuasai oleh Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak


  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang  Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Tahun 2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4846)
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3058)
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang -Undang Nomor 14 Tahun 2008;
  4. Keputusan Presiden Nomor 84/PTahun 2009 tentang Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu II
  5. Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara
  6. Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Kementerian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Eselon I Kementerian Negara yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 92 Tahun 2011;
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah;
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan
  9. Permentan No: 11/Permentan/OT.140/2/2008 tentang Penetapan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan  Pontianak, (BPTP Pontianak)
  10. PERMENTAN No 78/PERMENTAN/OT.140/12/2012 tentang Pedoman Penyusunan dan Penetapan Standar Pelayanan Publik Kementerian Pertanian


  1. Pemohon Informasi Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Pemohon Informasi Datang Langsung Ke Desk Layanan Informasi Di Klinik Tanaman,
  3. Mengisi Formulir Permintaan Informasi
  4. Menunjukkan Ktp Dan Melampirkan Fotocopy Ktp Pemohon Dan Pengguna Informasi;

     5. Pengguna Informasi Publik Wajib Menggunakan Informasi Publik 

        Dengan Mencantumkan Sumber Dari Mana Ia Memperoleh Informasi

       Publik, Baik Yang Digunakan Untuk Kepentingan Sendiri Maupun Untuk

      Keperluan Publikasi.


  1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi di klinik tanaman,
  2. Mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotocopy ktp pemohon dan pengguna informasi;
  3. Petugas memberikan tanda bukti penerimaan informasi publik berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima, dan telah ditandatangani oleh petugas.
  4. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon infomasi publik;
  5. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. petugas memberikan tanda bukti penyerahan informasi publik kepada pengguna informasi publik dan pengguna menandatanganinya.

     6. Jika informasi  yang  diminta   masuk  dalam  kategori  dikecualikan 

         PPID menyampaikan alasannya


Tidak dipungut biaya


  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, ppid akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak
  3. PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.


Sarana dan prasarana yang disediakan adalah

  1. Data dan informasi yang dikuasai oleh bptp pontianak
  2. Fasilitas internet
  3. Fasilitas administrasi dan informasi bptp pontianak


  1. Konsultasi langsung ke Klinik Tanaman Perkebunan BPTP Pontianak di Jalan Budi Utomo Nomor 57 Siantan Hulu Pontianak. Kode Pos 78241


Jumlah SDM adalah Jumlah sdm 3 orang :

kasi data dan informasi (1 orang)

analis  (2 orang)


161

Layanan

11

Eselon



lpse
sms
eksim