Layanan Jasa Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS)


Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) merupakan unit di bawah manajemen Balai/Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP/LPTP) yang ada di setiap provinsi seluruh Indonesia dan secara resmi berjalan serentak pada tahun 2012. Keberadaan UPBS pada tahap awal adalah dalam rangka mendukung swasembada beras berkelanjutan, kedepan diharapkan dapat mendukung swasembada jagung dan kedelai.

Peran utama UPBS melakukan produksi benih kelas FS (benih dasar) dan SS (benih pokok). Varietas benih padi yang dihasilkan oleh UPBS merupakan varietas-varietas yang telah resmi dilepas, namun masih belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas seperti berbagai varietas Inpari, Inpara dan Inpago. Produksi benih padi varietas-varietas terbaru yang dilakukan UPBS ditujukan untuk mendukung diseminasi agar petani dapat memperoleh benih berkualitas prima dengan varietas yang lebih unggul dibandingkan yang telah digunakan selama ini.

Sebagai upaya penyebarluasan informasi varietas, jumlah dan ketersediaan benih padi, jagung dan kedelai yang dihasilkan oleh UPBS, maka dibangun sistem informasi yang disebut dengan Sistem Informasi UPBS. Dalam sistem ini, pengguna dapat mengetahui alamat, produksi, distribusi, dan stok berbagai varietas benih padi dari setiap UPBS. Melalui sistem ini, pengguna juga dapat mengenal berbagai macam varietas padi dan keunggulannya.








Layanan Jasa Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) berada di seluruh BPTP / LPTP di setiap Provinsi.



161

Layanan

11

Eselon



lpse
sms
eksim