Layanan Sertifikasi Mutu Benih (ISO 9001:2008)


Sertifikasi benih adalah rangkaian kegiatan penerbitan sertifikat terhadap benih yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi melalui pemeriksaan lapangan, pengujian laboratorium dan pengawasan serta memenuhi semua persyaratan untuk diedarkan.


  1. UU No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman;
  2. UU No. 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan;
  3. PP No. 44 Tahun 1995 tentang Perbenihan;
  4. Undang-undang No. 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan;
  5. Permentan No.50/Permentan/KB.020/9/2015 tahun 2015 tentang Produksi, Sertifikasi dan Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan;
  6. Permentan No.08/Permentan/OT.140/2/2008 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja BBPPTP Surabaya.
  7. Pedoman Mutu Sistem Manajemen ISO 9001:2008


  1. Surat Permohonan
  2. Ijin Usaha Produksi Benih (Salinan) atau Surat Rekomendasi (dari UPTD yang membidangi Perkebunan).
  3. Data Informasi Benih.
  4. Data Asal-usul Benih (Salinan Sertifikat Asal-usul Benih).
  5. Peta Pertanaman/Kebun Benih.


  1. Pelanggan menyampaikan surat permohonan sertifikasi ke BBPPTP Surabaya
  2. BBPPTP Surabaya melakukan koordinasi tentang rencana jadwal petugas & pelaksanaan sertifikasi, yang kemudian akan ditindaklanjuti melalui Surat  Balasan Pelaksanaan Sertifikasi ke Pelanggan.
  3. Petugas BBPPTP Surabaya melaksanakan pemeriksaan administrasi dan lapangan yang didampingi petugas dari Pelanggan.
  4. BBPPTP Surabaya menyampaikan informasi Benih yang diperiksa, memenuhi syarat, tidak memenuhi syarat dan Tagihan Jasa Pemeriksaan Lapangan (PNBP) yang harus dibayar.
  5. Pelanggan membayar Tagihan Jasa Pemeriksaan Lapangan (PNBP) ke rekening Bendahara Penerimaan Satker BBPPTP Surabaya, selanjutnya Pelanggan menyampaikan informasi bukti bayar/setor Tagihan Jasa Pemeriksaan Lapangan (PNBP) ke BBPPTP Surabaya.
  6. BBPPTP Surabaya mengirimkan Hasil Pemeriksaan Lapang (Sertifikat) ke Pelanggan, setelah ada informasi pelunasan Jasa Pemeriksaan Lapangan (PNBP) diterima.


PP No.35 Tahun 2016 tentang Jenis & Tarif Atas Jenis PNBP Yang Berlaku Pada Kementerian Pertanian.


14 Hari Kerja (setelah pemeriksaan lapangan).


Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan yang digunakan milik BBPPTP Surabaya, Jl. Raya Mojoagung No.52 Mojoagung – Jombang :

  1. Ruang Tunggu Informasi & Pelayanan.
  2. Ruang Pelayanan Pengaduan.
  3. Laboratorium.
  4. Jaringan Internet/Wifi.
  5. Sarana Ibadah (Mushola).
  6. Asrama (kapasitas 52 orang).
  7. Gedung Serbaguna (500 orang).
  8. Sarana Olah Raga.
  9. Tempat Parkir Kendaraan Roda-4 dan Roda-2.
  10. Perpustakaan.
  11. Kantin.


BBPPTP Surabaya

Jl. Raya Mojoagung No.52, Mojoagung

     Jombang (61482)  -  Jawa Timur

     Telp/Fax. (0321) 496430, 495842, 495151

     Email : bbp2tp_sby@pertanian.go.id

     Website : http://ditjenbun.pertanian.go.id/bbpptpsurabaya/


  1. Pelayanan berdasarkan pada Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2008
  2. Pengaduan yang bersifat administratif dari pelanggan akan diselesaikan paling lambat dalam waktu 2 hari kerja setelah pengaduan diterima.
  3. Pengaduan yang bersifat teknis dari pelanggan, akan diselesaikan sesuai dengan periode waktu yang diperlukan untuk jenis pengujian dan jenis komoditi yang diuji.
  4. Segala bentuk keluhan dan pengaduan layanan Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Perkebunan dapat disampaikan melalui :
    1. Loket Pengaduan BBPPTP Surabaya
    2. E-mail: balaibesar@gmail.com
    3. Website:ditjenbun.pertanian.go.id/bbpptpsurabaya
    4. Telepon/Faximile : 0321-496430/495151


120

Layanan

35502

Pengunjung

11

Eselon